Jumat, 05 Oktober 2012

Tips Memilih Power Supply Yang Bagus


Power Supply Unit (PSU) adalah komponen terpenting sebuah PC. Tapi kerap diabaikan oleh para perakit komputer. Ia berfungsi untuk mengkonversi arus AC dari PLN menjadi DC, karena komponen-komponen PC dipasok dengan jenis arus ini. Oleh karena itu stabilizer yang berfungsi untuk menstabilkan arus AC juga UPS yang berfungsi untuk menyimpan arus, adalah tidak dapat sama sekali menggantikan fungsi sebuah PSU. Dengan stabilizer dan UPS yang baik, maka PC kita menjadi aman, itu adalah sebuah mitos belaka. Problem yang sering muncul pada sebuah PC, umumnya adalah disebabkan faktor PSU yang buruk.



Umumnya, komputer build up sudah menggunakan powersupply yang baik, tapi tidak demikian dengan PC rakitan. Power suply bawaan casing yang banyak beredar di Indonesia, adalah berkualitas sangat buruk sehingga membahayakan PC kita. Adapun ciri-ciri PSU yang baik adalah:

1. True (Pure) Power, dalam artian power pada labelnya (stiker) adalah power sebenarnya, bukan Peak power.
2. Memiliki rail yang stabil, dalam artian tidak melampaui +\- 5% dari standar ATX. Ini sangat penting guna memastikan komponenr PC kita mendapatkan pasokan DC yang stabil dan berkualitas. 12 volts untuk CPU dan GPU, 5 volts untuk USB ports, DVD drives, dan 3,3 volts untuk komponen kecil semacam logic chip.
3. Mengusung teknologi APFC (Active Power Factor Correction) yang berpangaruh pada efisiensi daya. Bukan hanya sekedar PFC sebagaimana umumnya PSU yang beredar di Indonesia.
4. Bersertifikasi 80+, yang juga sangat berpengaruh pada efisiensinya. Tingkatan efisiensinya adalah 80+Standard, 80+Bronze, 80+Silver, 80+ Gold dan 80+ Platinum
5. Sudah memiliki fitur Over Power Protection / Under Power Protection / Over Voltage Protection / Short Circuit Protection
6. Modular. Ini hanyalah fitur untuk keperluan style saja, dimana PSU modular adalah PSU yang memiliki kabel power yang dapat dilepas. Sehingga dapat memenuhi aspek estetika dibanding PSU non Modular.

Sekarang, telah semakin banyak merk Power Supply (PSU) berkualitas yang masuk keIndonesia. Antara lain Antec, Super flower, Seasonic, Corsair, FSP, etc. Juga merk lokal rasa Seasonic: Muscle Power.

Salah satu yang paling menonjol adalah Power Supply Super Flower Golden King SF-550P14PE yang bersertifikasi 80+platinum. Ia adalah PSU super karena memiliki efisiensi di atas 92% , stabil, juga peak power yang sangat tinggi. Suatu hal yang sangat bertolak belakng dengan PSU Simbadda misalnya.

Sumber: http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/computers/2259558-tips-memilih-power-supply/#ixzz28PUqj3eK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar